Jumat, 04 Maret 2011

belajar dari KONOSUKE MATSUSHITA (Biografi orang Sukses)

Hari ini saya begitu senang untuk membaca biografi orang sukses. entahlah tanpa berfikit panjang saya memang meniatkan dari pagi saat dirumah, jika nanti ke perpus sekolah mau baca buku biografi orang sukses. Alhamdulillah dalam waktu yang tidak lama selesai saya baca. Faktor pendukung kenapa cepat selesai menuntaskan bacaan adalah bentuknya komik...so...very nicely..^^
Apa sich yang bisa diambil?
Pertama saya jelaskan identitas buku yang saya baca dulu ya....
Judulnya :
 KONOSUKE MATSUSHITA
biografi orang sukses
 Pengarang: G. Wu
Penerbit : PT Wortel Books
Dicetak : PT Glory Offset  Press
CETAKAN PERTAMA : FEB 2010
ISBN : 978-979-1349-27-7
Tebal : 162 Halaman

Kedua  : Apa yang mendorong untuk lebih mengambil buku ini terlebih dahulu ?
Right !!!^^
Konosuke Matsushita adalah anak dari petani yang kaya raya. Namun suatu ketika ayahnya jatuh bangkrut sehingga harus menjual seluruh harta kekayaan. Kondisi yang berat membuat Sang Ayah mengambil keputusan untuk pindah tempat tinggal. Dengan usaha yang maksimal ayahnya berusaha memenuhi kebutuhan keluarga. Namun kondisi ekonomi yang tidak sesuai dengan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan primer (makan dan minum) menjadi sebab anggota keluarganya terancam gizi buruk dan berujung maut. 3 kakaknya meninggal dalam kurun waktu 1 tahun.
Kebutuhan semakin meningkat, penghasilan ayah Konosuke Matsushita tidak mencukupi. Sang ayah mengambil alternatif untuk pergi ke kota sementara dia dan 1 kakaknya tinggal di rumah bersama ibunya.

Waktu terus berjalan Konosuke Matsushita masuk sekolah. Lagi dan lagi karena masalah biaya kelas 4 SD dia keluar dari sekolahnya. Ini sangat disayangkan oleh pihak sekolah, mengingat prestasinya di sekolah sangat luar biasa.
Apa boleh buat hidup harus berjalan. Dengan keputusan itu ayahnya meminta Konosuke Matsushita untuk pergi ke kota untuk bekerja sebagai buruh. Mulai dari buruh  sebagai pengasuh anak, di toko sepeda. Di toko sepeda dia sempat di pecat karena menjalankan bisnis sampingan sembari bekerja. Tak lama dari dia dipecat ternyata ayahnya sedang sakit keras.
kemiskinan masih menjadi hari - hari yang mengiringinya. Konosuke Matsushita adalah anak yang punya semangat hidup besar. Dia berfikir harus bekerja di tempat yang sering membuatnya penasaran (listrik). sambil menunggu lowongan kerja Konosuke Matsushita bekerja di pabrik semen.Dii perusahaan listrik dia memulai dari karyawan  biasa sampai di titik setaraf supervisor dia mengundurkan diri. "Karena merasa tak berkembang" Itu  yang membuatnya selalu ingin bergerak.
buah ketekunan dia berusaha berhasil.   halang ringtang dia hadapi dengan selalu berusaha dan berusaha, attitude yang baik akhirnya dia menjadi ORANG SUKSES.

Ketiga : apa yang bisa diambil dari cara pandang Konosuke Matsushita terhadap hidupnya ?

1. "Sudah kewajiban kita untuk mengolah dan menjaga alam, kalau kita sudah melakukannya maka alam akan membayar kita"
2."Spekulasi adalah berbuat untung - untungan tanpa perhitungan matang, biasanya sebelum menguasai ilmunya terlebih dahulu resikonya berbahaya."
3. "Uang itu biasanya datang sendiri dan ini bukan keberuntungan tetapi lebih merupakan buah kerja keras dan ketekunan"
4."Jaminan kepercayaan itu nilainya melebihi berlian"
5."Kemajuan perusahaan tidak akan terwujud tanpa adanya para pegawai. Karena itu, kita harus saling menghargai dan tidak boleh menang sendiri."
5. "Karyawan bagai darah dagingku."Ini kata Konosuke Matsushita
6." Jangan takut untuk menjual lebih mahal jika mutu kita lebih baik, hal itu sangat wajar "
7. " Belajarlah walau dari bekas musuhmu sekalipun"
8." Belajarlah karena pengetahuan seseorang dalam mengambil keputusan ada batasnya !
     Dengarkanlah orang lain !
     Pengetahuan satu orang sangat kurang. Tambahlah jadi 2,3,4 dan seterusnya !
     Karena semakin banyak orang yang kamu dengar semakin baik.
9. "Sebelum membuat barang, kita harus mengendalikan diri"
10. " Kita harus mempunyai CITA _ CITA BESAR, SETELAH CITA - CITA ITU TERCAPAI MAKA BUAT LAGILAH YANG LEBIH BESAR . LALU BERUSAHALAH UNTUK MERAIHNYA, BEGITU DAN SETERUSNYA"


yach .....^^
Konosuke Matsushita seorang anak yang sekolah sampai kelas 4 SD namun kerja keras, ketekunan, attitude yang dibawa selalu luar biasa hasilnya LUAR BIASA....


Bagian terakhir : apa yang tidak disebutkan dalam buku ini

Dalam buku Biografi orang sukses Konosuke Matsushita tidak dijelaskan kondisi Ibunya setelah Ayahnya tidak ada. Bagaimana Ibunya ketika dia sudah menjadi sukses.


so Big usefull..
Happy Nice Read..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar