Minggu, 30 Januari 2011

kenangan F club

Sungguh bagiku ini pengalaman yang sangat menarik ....kata seorang teman dalam diskusi  kami.
Saya dengan kawan - kawan stressing F ( Pendidikan anak Berbakat  salah satu spesialisasi dari Pendidikan Khusus dulu PLB  ) Pohon di parkiran dekat Fakultas Tehnik dan Gedung Rektorat sering datang ke tempat ini. Berdiskusi, belajar, sharing bahkan sampai workshop.
Secara sepintas kami mirip kelompok yang cuma ngobrol biasa. Tapi jangan salah ternyata kami sedang kuliah.
Cara kami belajar tidak sama seperti mahasiswa yang lain di gedung mewah, duduk dikursi, melihat slide dosen, hanya dengerin kuliah, tak boleh sambil makan,  dll. 180 derajat berbeda dengan cara kuliah kami.Kami kuliah di tempat yang berbeda di setiap minggunya. Koran selalu hadir setia menjadi alas duduk kami, tempatnya berbeda2 kadang di beranda Gedungg rektorat, kadang di Perpustakaan, kadang di DPR (Di bawah Pohon Rindang ) FKIP, DPR FMIPA, stadion, GOR, DPR Fakultas pertanian, DPR SAT UNS, bahkan kami sempat kuliah di Pantai Parang tritis untuk mendapatkan inspirasi model pembelajaran anak di wilayah pesisir.


Dosen kami begitu hangat sehingga tak ayal kami begitu dekat, tak sungkan untuk sharing apapun mengenai materi perkuliahan. Kadang kami pun kuliah sambil makan siang bersama- sama.

Bila di ruang perkuliahan mahasiswa duduk rapi di kursi masing - masing, maka kami hanya duduk melingkar beralaskan koran yang kami bawa.
Begitu menyenangkan....
waktu itu kami belum mengenal apa itu sekolah alam, tetapi kami sudah belajar bersama alam di sana...kami tak tahu detil bagaimana sekolah alam tapi kami belajar melakukannya..

Setiap perkuliahan selalu ada yang didapat. Jika tidak hadir maka "RUGI"
Dosen kami begitu profesional. takpernah terlambat walau 1 detik pun. Kami biasa memulai kuiah On time dan selesai kuliah kami bisa menyerap ilmu yang beliau berikan tak pandang kapan selesainya. Tak tanggung- tanggungg Beliau selalu membuat kami terpesona untuk menyelesaikan tugas dengan baik.

Kuliah kami bukan baca buku, tidak membuat makalah, tidak ujian tulis. Tetapi kami hanya disodori buku wajib yang harus dibaca di rumah dan kemudian beliau meminta kami untuk membuat plan- plan tentang pendidikan di masa mendatang  kadang tugas kami membuat inovasi media pembelajaran yang mudah dan menyenangkan.


Menurut kami kuliah menjadi sangat penting sehingga kami prioritas untuk tidak membolos dan tidak terlambat.
Kami merasakan ketika berkumpul dengan teman2 yang lain lintas program :
bahwa kuliah bisa bolos ntar materi bisa dibaca sendiri di rumah ...di program kami tidak demikian justru waktu kuliah adalah waktu mengimplementasikan materi yang kami eksplore dari sumber yang kami pelajari di rumah.. amzing bukan...

jadi kami ada 5 kadang 6 (plus mas yuda)  dalam sekali pertemuan kami bisa mendapatkan 5atau 6 variasi media dan tehnik pembelajaran yang menyenangkan...

itulah kawan...aku rindu waktu kuliah itu....

sama seperti disini di sekolah alam
maka aku menggunakan cara yang sama dg yg kudapatkan saat kuliah
hanya sedikit beda dulu pake koran sekarang tidak
......

F 2004 >>>Iindut, Ciput, Sahidun, Titis,Eka
F 2003 >>> Mas Yuda, Mbak Yayuk, Mbak Rohmah, Mas Gunawan,MbakNunung
F 2002>>> Mbak Ratna, Mbak Hajar, Mbak Tyas,Mas Ari, mbak Herlin

---------------------F club--------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar